TEKS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA (KD 3.1)

TEKS DESKRIPSI

A. Pengertian Teks Deskripsi


Berdasarkan KBBI, kata deskripsi sendiri memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Teks deskripsi merupakan pemaparan secara jelas mengenai sesuatu. Tentu penjelasan ini membutuhkan detail-detail dari hal yang dijelaskan dalam teks tersebut. Menurut Utorodewo (2007), tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Teks deskripsi adalah paragraf yang berisi tentang penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu secara apa yang dilihat, didengar dan dirasakan kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.

B.  Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

1. Ciri teks deskripsi diperinci menjadi bagian-bagian objek(yang diperhatiakan) serta menggambarkan secara konkret(benar-benar ada),.

2.  Ciri tujuan teks deskripsi menggambarkan dengan cara merinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek (yang diperhatiakan) dari sudut pandang penulis. Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan/melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret(benar-benar ada) mungkin suatu objek (yang diperhatiakan) apa yang dilihat, didengar dan dirasakan sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakannya.

3. Ciri objek, objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain.  Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya)

-          3.    Struktur Teks Deskripsi

a.     Judul adalah untuk mengetahui apa isi dari teks deskripsi tersebut.

b.    Identifikasi merupakan kalimat pengantar mengenai apa yang akan dijelaskan pada teks deskripsi. Di dalamnya berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama dan pernyataan umum tentang objek.

c.     Deskripsi Bagian/ Klasifikasi yaitu berisikan urutan atau bagian-bagian dari pembahasan topik yang akan dibahas secara rinci dan jelas. Berisi perincian bagian objek apa yang dilihat, didengar dan dirasakan.

d.    Penutup adalah kesimpulan atau sebuah rangkuman dari penjelasan yang disampaikan.



4.    Kebahsaan Teks Deskripsi

a.     Kata Umum

Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencangkup banyak hal. Kata umum juga bisa disebut hipernim.

b.    Kata Khusus

Kata khusus adalah kata yang ruang lingkupnya serta cakupan maknanya lebih sempit dibanding dengan kata umum.

Contoh Kata Umum dan Kata Khusus


Kata Umum

Kata khusus

Indah

Elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, manis

Melihat

Menonton, menyaksikan, memandang, mengamati, memperhatikan

Mendatangi

Mampir, singgah, berkunjung

Membawa

Mengangkat, menjingjing, menggendong, mengangkut, memanggul.

 

 

c.     Kata Depan di- dan Huruf Kapital

Kata depan  merupakan kata yang terletak tepat didepan kata benda, sifat, atau keterangan. Fungsi kata depan di- dapat menyatakan suatu tempat dimana berada atau berlangsung, menyatakan suatu arah asal, menyatakan suatu arah tujuan, menyatakan suatu sebab-akibat yang terjadi. Contoh Pina lahir dan besar di Lampung.

Sedangkan huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Contoh Pina lahir dan besar di Lampung

d.    Majas

Majas merupakan gaya bahasa yang sifatnya kiasan atau bermakna konotasi.

Kata kiasan adalah kata yang artinya indah tetapi tidak menggambarkan makna yang sesungguhnya, hanya sekedar kiasan dari makna, kata kiasan dipakai untuk memberi rasa keindahan dan penekanan pada hal yang akan disampaikan.

Contohnya Angin laut mengelus wajah.

Sedangkan makna konotasi yaitu makna yang tidak sebenarnya atau mempunyai arti yang lain.

Contoh Mayang mempunyai paras cantik sehingga menjadi bunga desa

Penjelasan : Bunga desa artinya gadis yang ada di wilayahnya





CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI 

Sekolahku

            Sekolahku tampak bersih. Halamannya luas dan ditumbuhi rumput-rumput hijau yang membuat suasana tampak sejuk. Selain itu, di halamannya ada pohon Beringin yang cukup lebat. Ruang kelas sekolahku cukup besar. Semua lantai ruangan menggunakan keramik. Dinding kelasnya berwarna kuning. Warna cat pintu dan jendelanya berwarna hijau.


CONTOH TEKS DESKRIPSI

RUMAHKU SURGAKU

            Rumah saya terletak di Jalan Beber no. 5. Rumah saya memiliki luas tanah 1500 m2 dan luas bangunan hanya 300 m2. Ada beberapa kamar di rumah saya. Mereka adalah ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi, tiga kamar tidur dan sebuah gudang. Ruang pertama adalah ruang tamu. Ruang tamu digunakan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah saya. Di mana ada beberapa furnitur termasuk sofa, meja, dan bingkai foto di dinding dan bunga lavender. Ruang keluarga saya berwarna hijau. Saya suka ruang tamu ini karena dekorasinya saya pilih sendiri. Ruangan kedua adalah ruang keluarga. Ruang keluarga adalah ruang yang paling luas di rumah saya. Kami biasanya menggunakan ruang keluarga untuk berkumpul sambil menonton televisi. Di ruang tengah terdapat televisi, kursi, meja, dan akuarium. Terdapat sebuah televisi besar, jadi ketika kita duduk bersama di depannya, kita bisa melihat film dengan jelas. Selanjutnya, kita biasanya mematikan lampu pada saat kita ingin melihat film horor dan itu seperti menonton di bioskop sesungguhnya. Sebenarnya, saya tidak suka kursi dan meja di ruang keluarga, karena menghabiskan ruang lebih dan ada sedikit ruang bagi kita untuk duduk di lantai. Bagaimana dengan akuarium? Ini adalah hal yang saya sangat cintai. Akuarium itu dibeli oleh uang saya sendiri dan saya mengisinya dengan beberapa ikan seperti ikan lohan dan arwana. Mereka merupakan ikan yang begitu lucu ketika mereka tumbuh dewasa. Juga, ruang keluarga digunakan bagi saya untuk melakukan banyak pekerjaan. Di ruangan ini, ada komputer yang sudah lama sekali. Mungkin ayahku akan membeli komputer baru tahun ini, saya berharap untuk itu.

            Kami memiliki dapur yang besar, termasuk ruang makan. Terdapat juga kamar mandi di dekat dapur. Saya memiliki tiga kamar tidur di rumah saya. Kamar pertama adalah kamar adikku. Kamar ini terletak dekat dengan ruang tamu. Kamar kedua adalah kamar orang tua saya, dan kamar terakhir saya. Kamar orang tua saya lebih besar dari saya dan ada tempat tidur besar termasuk TV dan Sound System untuk ayahku. Dia biasanya mendengarkan musik dan dangdut adalah genre musik favoritnya. Kamar saya terletak di sudut rumah. Kamar saya dilengkapi dengan beberapa furnitur dan ada beberapa gambar besar di dinding. Sebagian besar gambar adalah pemain bulu tangkis seperti Lin Dan dan Lee Chong Wei. Itu rumah saya, tempat kecil dan tenang yang saya cintai.

 




Komentar

Postingan Populer