RASAKAN MAKNA !!!

It’s been such crazy months with those deadlines, sacrifices, tears, sweats, laugh, and even mocks. May be I’m young but I’ve been through a lot of things.
Sejauh ini saya tidak pernah merasa bekerja atau cari duit (atau karena emang jarang dapet duit?? Hahaa,,,yang jelas saya sangat bersyukur…)
Selama ini saya hanya merasa sedang bermain, berkreasi, dan berekreasi begitu saja. I really enjoythis! ;) Saking nikmatnya, sampai saya nggak tahu kalo fisik saya minta istirahat,hehe.. saya sering tiba - tiba tepar.

Namun, ujug-ujug Saya merasa ada yang ngganjel dari diri saya, ada hal yang ingin saya ungkap tapi belum berhasil keluar dari otak saya, sampai pada akhirnya saya berhalusinasi dalam alam bawah sadar saya.
Saya dihantui mimpi!! Hahhaa,aneh memang, namun dalam mimpi itu saya merasa sangat ketakutan, terpojok dan disalahkan oleh keadaan dimana saya BELUM BISA MENJADI APA_APA, SAYA MASIH JALAN DI TEMPAT!! Saya jadi mikir, “bener juga ya, kalo sampai saat ini saya masih saja stag dalam posisi saya, saya terlalu menikmati dunia saya sehingga saya enggan untuk melangkah”.
Bukan berarti saya tidak berusaha, atau saya hanya diam dan jalan di tempat saja, saya bukan model manusia yang anteng yang bisa pasrah dengan keadaan, saya berjalan meski lambat, saya berlari meski harus lebih ngos-ngosan. Hidup yang saya lakoni sekarang bukan hidup yang tanpa planning,saya selalu punya rencana, namun kembali lagi, ketika manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Insight ini tidak begitu saja datang, but by process. Ada banyak influence di sekeliling saya.

Suatu ketika, saya berpikir..bagaimana caranya untuk mengoptimalkan kemampuan saya, hard skill dan soft skill. Membaca buku? Mempunyai role model? atau dua - duanya? atau ada cara lain? Saya memilih untuk melakukan dua - duanya, dan melakukan kombinasi antar role model. Kemampuan saya dibidang mengajar adalah X; rendah hati seperti Y; menulis dan sastra seperti O; sabar seperti N; kemampuan marketing seperti D,dan seterusnya. Hahaaa,,terkadang mengambil sisi baik dari seorang role model memang asik, dengan catatan TIDAK SEMUA YANG MELEKAT DARI MEREKA HARUS KITATIRU, saya punya keunikan sendiri. Membaca buku akan meluaskan cara pandang kita, bahwa ternyata sesuatu bisa dilihat dari berbagai macam sudut, membaca buku akan membuat otak saya tumbuh dan tidak kerdil.

Guys, setiap orang bertumbuh.. dan saya selalu pengen menjadi seseorang yang lebih baik. Saya rasa, setiap orang pun selalu pengen menjadi lebih baik.
That's why mari kita lihat lagi orang -orang yang ada disekeliling kita, sifat dan sikap baik apa dari mereka yang bisa kita ambil...kemudian kita gabungkan dengan kepribadian kita agar membuat kita menjadi lebih baik. Harus kita gabungkan dengan kepribadian kita, karena masing - masing dari kita sudah memiliki sifat dan sikap yang khas dan unik. Role model akan datang dibawakan oleh Tuhan, dengan syarat..dalam hati kecil kita, dalam kehidupan kita.. Kita sudah tau hidup ini akan dibawa kemana. Saya pengen jadi A, B, C, D..
Dan Tuhan akan mengarahkan kita mendekat pada impian kita, dengan mendatangkan role model yang inline dengan apa yang kita butuhkan. Bagaimana kita tahu apa yang kita inginkan? “Berdoa dan berkaryalah”.. Misal : yang suka nulis, banyak-banyaklah membaca dan terus mencoba membuat karya, banyak gali dan cari tahu tentang buku, bahasa dan sastra, ikut komunitas sastra,diskusi dan sebagainya, saya yakin Tuhan pasti akan menunjukkan role modelnya. Bisa jadi role model yang sukses di sastra atau malah dibidang lain. Nggak tau..
Yang jelas untuk mencapai apa yang kita inginkan...kita harus cari tahu! Sekali lagi..berdoa dan berkarya. Tidak bisa salah satunya, hanya berdoa tanpa berkarya? Ngga mungkin..karena kita ngga berusaha..Hanya berusaha tanpa berdoa? Mungkin - mungkin saja kita dapat apa yang kita mau, tetapi..selalu libatkanlah Tuhan dalam urusan kehidupan kita.. He will make everything easier...dan dengan melibatkan Tuhan, kita akan buanyaakk menerima keajaiban -keajaiban.

Tuhan sudah menunjukkan kuasaNya atas hidup saya, saya dipertemukan dengan role model - role model yang sangat berpengaruh dalam hidup saya.  Dibatas kekaguman saya atas role model yang saya jadikan acuan, saya menyadari bahwa mereka tetaplah manusia yang tidak sempurna. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan.. Saya tidak hanya"mengambil" contoh baik dari mereka, tetapi... saya juga mendoakan mereka agar mereka dimudahkan dalam hidupnya. Mereka bahkan tidak tau ketika saya mendoakan mereka dan mereka tidak perlu tahu. "Ya Tuhan, orang ini telah menjadikan hidup saya menjadi lebih baik,, mudahkanlah hidupnya, dan jadikan hidupnya selalu lebih baik dengan caraMu".
Siapapun orang yang sedang kamu kagumi sekarang, apapun perubahan yang telah dia berikan dalam hidup kamu,, jangan lupa untuk mendoaknnya ;)
Dulu  saya berpikir bahwa kerja itu ya cari uang, rejeki itu hanya berupa uang, semakin banyak uang, semakin bahagialah kita. rumus itu ternyata SALAH KAPRAH!!
Namun sekarang, dengan belajar melalui role model dan banyak membaca, saya punya kesimpulan bahwa rejeki akan mengikuti ketika kita IKHLAS dan berSYUKURatas apa yang sudah kita kerjakan. "YEN MANUT REJEKI KATUT", begitu kata orang Jawa.  Bahagia akan tercipta dalam hati kita ketika kita bisa meRASAkan MAKNA,ikhlas+syukur = kombinasi sempurna untuk merasakan makna dan menuju kedalamkebahagiaan.
 Thanks GOD, for making me special...

Komentar

Postingan Populer