Tentang sebuah Perpindahan..

(Hidup penuh ketidakpastian, tapi perpindahan adalah sesuatu yang pasti )

Rumah bagi saya adalah harta di dunia (walaupun masih nebeng Bapak_Ibu), disanalah saya menghabiskan hampir separuh waktu dalam hidup di dunia. Rumah adalah tempat dimana saya selalu pulang, tempat saya menghabiskan berjam-jam waktu luang. Sebuah Buku, earphone, musik, kopi, juga orange juice, dan juga “slondhok” sangat berpotensi membuat hari-hari saya tak muram dan membosankan juga menjadi tak cemberut.
Yaa, saya seperti merasa tak perlu jauh-jauh mencari bahagia, karena bahagia itu bersatu padu di tempat ini. 

Namun, ada sesuatu yang mengharuskan saya untuk berpindah. Memang sih kelihatannya hanya sebatas “pindah Rumah”, kelihatannta gampang. Tapi pada prakteknya its not easy, Abot Sodara.. Heehee…
Amunisi wajib saya dalam beberapa pekan terakhir adalah bukunya Raditya Dika “Manusia Setengah Salmon”. Menurut saya buku ini adalah makanan wajib buat kaum-kaum yang lagi ngadepin sebuah perpindahan.

Salah satu quotenya yang bisa bikin saya sedikit lebih bernafas adalah
“Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti. Kalau pindah diidentikkan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya..... Padahal, untuk melakukan pencapaian lebih, kita tak bisa hanya bertahan di tempat yang sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan. Dan ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, nggak perlu menjadi manusia super. hanya perlu menjadi manusia setengah salmon yang berani pindah.” (Quote Raditya Dika_Manusia Setengah Salmon).

Saya sadar, memang bener bahwa hidup itu adalah sebuah perpindahan. Hidup itu perpindahan dari satu titik ke titik yang lain, kita gak bisa stay di satu titik saja. Perpindahan memang menjadi hal yang berat, apalagi kalau kita masih menyimpan kenangan indah dimasa lalu. Perpindahan menuju fase yang baru untuk terus melakukan perubahan, dan meninggalkan fase yang lama yang telah memberikan pelajaran berarti.

Coba lihat, Kalau kita perhatikan dengan seksama Bumi ini juga berpindah, berputar mengitari porosnya, pagi akan berganti siang lalu siang akan berganti malam, sedih akan berganti bahagia, pesawat-pesawat yang berlalu-lalang akan selalu mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain, mobil-mobil dijalan raya juga bepindah tempat kilometer demi kilometer, sampai partikel partikel kecil dalam kehidupan yang tanpa kita sadari juga mengalami perpindahan, debu-debu akan beterbangan, bunyi pun juga berpindah tanpa kita sadari, udara juga awan di langit yang luas ini akan berpindah tempat, air dari pegunungan juga akan berpindah dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, panas matahari sesekali akan digantikan oleh rintik hujan, musim kemarau akan digantikan oleh musim penghujan, semua bukan tanpa alasan melainkan sudah merupakan eksekusi kontrak sebelum kita lahir di dunia ini, suka tidak suka, senang tidak senang harus tetap dijalani sebagai sebuah skenario yang memiliki Prolog, isi, lalu penutup. 

Pada sebagian orang Perpindahan akan menjadi hal yang berat, hal yang menjengkelkan, hal yang begitu takut untuk dilakukan seperti ketika berusaha berpindah pada hati yang baru setelah merasakan bagaimana yang namanya patah hati, merasakan yang namanya kecewa, bahkan juga sebuah rasa putus asa. Arti perpindahan akan menjadi abu-abu baginya, maju tak ingin, mundur pun tak berani. Jika kita melihat perpindahan sebagai suatu yang menyedihkan maka ketakutan akan menghantui kita, mengapa kita tidak mencoba berfikir bahwa perpindahan akan menghasilkan hal-hal yang baru, sesuatu yang berpotensi untuk menghidupkan hal-hal baru yang lebih menyenangkan, perpindahan akan membuat kita mendapatkan yang lebih baik meski awalnya kita akan membanding-bandingkan tempat lama dengan tempat yang baru, antara hati yang lama dengan hati yang baru, namun itulah naluri alamiah seorang manusia selalu menjadi analis yang baik kepada hal-hal yang menimpa dirinya. 

Saat menulis ini jujur, saya sedang mengalami keabu-abuan itu. Hidup memang penuh ketidakpastian, tapi perpindahan itu hal yang pasti. hmmmmm… paling tidak yang saya tahu sekarang saya telah (Mencoba) berpindah, pindah ke rumah baru, pindah ke hubungan sosial yang baru dan semoga lebih menyenangkan, lebih indah, lebih menantang, dan yang paling penting lebih nyaman. Saya sedang mengalami pergeseran atau perpindahan fungsi yang dialami manusia, mulai dari dilindungi menjadi melindungi, pergeseran sikap dari kekanak-kanakan menjadi dewasa, pergeseran polo fikir dari tidak mengerti menjadi paham. Yaa, itu semua akan saya dapatkan di tempat yang baru.
Cheeeerrssss, 

Komentar

Postingan Populer